Gesang ing ndonya pirantosipun brana, nanging sampun mangeran, wujudipun kerem, yen kerem memalangi.
Mangka tetepipun saking Khaq, wonten ing Sanubari.
Mangke angsal tuntunan saking Allah pribadi alelantaran Rasa Suci, inggih Khaqiqi, inggih Dewa Ruci wonten salebeting rasa gaib.
Junun iku ayem tentrem wujudipun, iku kang prayoga, amamardi Ngelmu Suci.
Kukuming tiyang Iman ingkang teguh santosa, mung siji mripatipun nuju mring Allah.
Lara penak tumraping wong kang sumarah kudu dilakoni, iku warahing para Nabi. Lakonira iya mangkana, lakune luwih sangsara katimbang sira.
Mangka tetepipun saking Khaq, wonten ing Sanubari.
Mangke angsal tuntunan saking Allah pribadi alelantaran Rasa Suci, inggih Khaqiqi, inggih Dewa Ruci wonten salebeting rasa gaib.
Junun iku ayem tentrem wujudipun, iku kang prayoga, amamardi Ngelmu Suci.
Kukuming tiyang Iman ingkang teguh santosa, mung siji mripatipun nuju mring Allah.
Lara penak tumraping wong kang sumarah kudu dilakoni, iku warahing para Nabi. Lakonira iya mangkana, lakune luwih sangsara katimbang sira.
Mung Allah kang den kawulani,
nadyan tekan pati, Nabi kuna ora wigah-wigih. Mung pasrah jia raga mring
Gusti. Sumarah iku warising Nabi.
Ja lali mungguhing umat, yen sira antuk Sihing Gusti, ywa rumangsa punjul, kudu rumangsa kawula, ingkang tansah enget idheping Hyang Mahaagung, rumangsa yen kapurba ngawaki ngaras ing Gusti.
Ja lali mungguhing umat, yen sira antuk Sihing Gusti, ywa rumangsa punjul, kudu rumangsa kawula, ingkang tansah enget idheping Hyang Mahaagung, rumangsa yen kapurba ngawaki ngaras ing Gusti.
Mila makaten Karsa Allah
ingkang dipun karsakaken Imanipun sampun luwar saking hawanapsu. Manawi
sampun mboten kaiket badhe gampil ngidhep ing Allah. Mila sakselaning
pandamelan lerem, kendel ngantos sumarah.
Cak-cakanipun kaliyan
lenggahan, tileman, jumeneng, kenging. Perlu lajeng saged kulina lerem.
Yen sampun kulina lerem, lajeng dumugi Jinem, mboten gampil kagodha.
Wajibe kang lugu amung mujud
ing Rasa Suci, eling yen kapardi ngarseng Hyang Mahaagung, manut
sakrehira, aja kongsi susah yen binabar suci, mung pasraha kewala.
Marma kudu emut, lamun ana
krenteging ati kang rumangsa bisa mulang tuwin muruk, iku pangajaking
Ati Batal, kang tetep aran egois.
Marmanira yen kurang satiti, sok keplantrang ngaku dwija tama, bisa mulang sabarang reh, ing lahir batin putus, mumpuni saliring gaib, iku Drubiksa nyata Bataling Ati Setan lugu.
Marmanira yen kurang satiti, sok keplantrang ngaku dwija tama, bisa mulang sabarang reh, ing lahir batin putus, mumpuni saliring gaib, iku Drubiksa nyata Bataling Ati Setan lugu.
Sarating Khaq rujukira tentreming manah mung sungkem ing Allah.
Rujuke ana ngilmu aja nglakoni nistip, aja srakah, aja kerep nepsu, ora kena sira uja, iki pepalang.
Rujuke ana ngilmu aja nglakoni nistip, aja srakah, aja kerep nepsu, ora kena sira uja, iki pepalang.
Dhudhuking Khaq neng Sanubari,
hawanapsu ora ana yen wus lenggah neng Sanubari. Anane mung kari Iman
ngawula ngarseng Hyang Widdi.
###
###
Artinya:
Hidup di dunia sarananya adalah harta
benda, tetapi jangan sampai mengabdi, wujudnya tenggelam di dalam harta
benda, apabila tenggelam menjadi penghalang.
Khaq tetap berada di dalam Sanubari.
Akan menerima Bimbingan dari Allah SWT sendiri dengan perantaraan Rasa Suci, atau Khaqiqi, atau Dewa Ruci di dalam rasa gaib.
Junun itu berwujud tenang tenteram, itu yang baik untuk menjalani Ilmu Suci.
Hukum orang beriman yang teguh sentosa hanya satu matanya selalu tertuju kepada Allah.
Menderita dan Senang bagi orang yang telah berserah diri kepada Allah SWT haruslah dijalani, itu petunjuk dari para Nabi. Kehidupan para Nabi juga demikian itu, hidup mereka lebih sengsara daripada engkau. Hanya Allah saja yang mereka abdi, walaupun sampai mati mereka tidak gentar menjalaninya. Hanya berserah diri total hanya kepada Allah saja. Sumarah itu warisan dari para Nabi.
Janganlah sampai engkau semua lupa, apabila menerima Kasih Allah SWT, jangan sampai merasa lebih dari umat lain atau sesama, haruslah tetap merasa bahwa dirimu adalah abdi, yang harus selalu tetap ingat akan menghadapmu kepada Hyang Mahaagung, merasa bahwa selalu berada di dalam Kuasa Allah SWT selalu menjalani menghadap di hadapan Allah SWT.
Yang dikehendaki Allah SWT itu orang yang Imannya sudah lepas dari hawa nafsu. Apabila sudah tidak terikat akan sangat mudah menghadap kepada Allah SWT.
Khaq tetap berada di dalam Sanubari.
Akan menerima Bimbingan dari Allah SWT sendiri dengan perantaraan Rasa Suci, atau Khaqiqi, atau Dewa Ruci di dalam rasa gaib.
Junun itu berwujud tenang tenteram, itu yang baik untuk menjalani Ilmu Suci.
Hukum orang beriman yang teguh sentosa hanya satu matanya selalu tertuju kepada Allah.
Menderita dan Senang bagi orang yang telah berserah diri kepada Allah SWT haruslah dijalani, itu petunjuk dari para Nabi. Kehidupan para Nabi juga demikian itu, hidup mereka lebih sengsara daripada engkau. Hanya Allah saja yang mereka abdi, walaupun sampai mati mereka tidak gentar menjalaninya. Hanya berserah diri total hanya kepada Allah saja. Sumarah itu warisan dari para Nabi.
Janganlah sampai engkau semua lupa, apabila menerima Kasih Allah SWT, jangan sampai merasa lebih dari umat lain atau sesama, haruslah tetap merasa bahwa dirimu adalah abdi, yang harus selalu tetap ingat akan menghadapmu kepada Hyang Mahaagung, merasa bahwa selalu berada di dalam Kuasa Allah SWT selalu menjalani menghadap di hadapan Allah SWT.
Yang dikehendaki Allah SWT itu orang yang Imannya sudah lepas dari hawa nafsu. Apabila sudah tidak terikat akan sangat mudah menghadap kepada Allah SWT.
Maka sebaiknya di antara sela-sela bekerja
tenang, diam sampai sumarah berserah diri total kepada Allah SWT .
Pelaksanaannya dengan sambil duduk-duduk, sambil tiduran, berdiri, dapat
saja.
Penting sekali dapat membiasakan diri
tenang. Apabila sudah terbiasa tenang, lalu sampai ke berserah diri
total hanya kepada Allah SWT saja, tidak akan mudah digodha.
Yang penting haruslah hanya berwujud di
dalamRasa Suci, selalu ingat bahwa selalu di hadapan Allah yang
Mahaagung, selalu taat akan semua Perintah dan Kehendak-Nya, jangan
sampai merasa susah apabila sedang disucikan oleh Allah SWT, hanya
berserah dirilah saja kepada-Nya.
Haruslah selalu ingat bahwa apabila
sewaktu-waktu ada gerak di dalam hati merasa dapat memberikan pelajaran
dan petunjuk, itu adalah gerak dari Hati Setan atau Hati Batal, yang
selalu tetap egois sifatnya.
Apabila kurang teliti, sering mengaku
sebagai Sang Mahaguru, dapat mengajarkan semua ilmu lahir dan batin
sempurna, sempurna menguasai segala yang gaib, itu Hati Setan atau Hati
Batal.
Sarat untuk dapat menjalankan hubungan dengan Khaq adalah tenteramnya hati hanya bersujud di hadapan Allah SWT
Supaya dapat menjalani Ilmu dengan baik
janganlah sampai berbuat yang menyimpang dari Jalan Allah, janganlah
serakah, jangfanlah sering marah-marah, janganlah semua itu engkau
turuti saja, itu semua adalah penghalang.
Tempatnya Khaq adalah di dalam
Sanubari,hawanafsu sudah tidak ada apabila sudah berada di dalam
Sanubari. Adanya hanya Iman kepada Allah SWT mengabdi hanya kepada Allah
SWT saja.
(wewarah dari Raden Ngabehi Soekinohartono)
###
Tidak ada komentar:
Posting Komentar